Tugas 2 Proposal Usaha Mk Etika Profesi

SAUDARA TEKNIK

Jl. Raya Setu

Sekreatriat : Raya Setu no 63 Cikarang Jawa Barat

 

Nomor             : 01/TEBE/SAUDARA TEKNIK./I/2016          Bekasi, 20 April 2016

Lampiran         : 1 (satu) bendel

Hal                  : Pengajuan Kerja Sama Usaha

 

Kepada Yth.

Bapak Hartono

Di Bekasi

 

Dengan hormat,

Menindak lanjuti terhadap rencana pembangunan bisnis kami yang bergerak di bidang kontuksi baja dan las. Kami, selaku pemilik usaha kontruksi dan las SAUDARA TEKNIK hendak mendirikan usaha kami dalam mengolah besi menjadi alat konsumtif bagi masyarakat. Bengkel las dan kontruksi akan didirikan dilakokasi jalan Raya Setu Cikarang Jawa Barat, berencana membangun menambah beberapa mesin dan alat bantu  untuk membantu dalam pengerjaan alat yang konsumtif bagi konsumen. Inisiatif kami membutuhkan bantuan dalam bentuk kerjasama investasi modal yang akan kami gunakan untuk menambah beberapa keperluan dalam rancana pengembangan kami. Adapun system dan biaya yang kami butuhkan terlampir kami sampaikan.

Demikian surat pengajuan kerja sama ini kami sampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Direktur SAUDARA TEKNIK

 

Dadang Pujo Prastyawan, ST

 

DAFTAR ISI

 

 

DAFTAR ISI. 2

BAB 1 PENDAHULUAN.. 3

  1. Latar Belakang. 3

BAB II PROFIL PERUSAHAAN.. 5

2.1     Profil Badan Usaha. 5

2.2      Stuktur Organisasi 6

2.3      Produk. 7

2.4      Target Pasar 7

2.5      Promosi Pemasaran. 8

BAB III RENCANA KERJASAMA.. 8

3.1      Bentuk Kerjasama. 8

BAB IV ANALISA KEUANGAN.. 9

4.1      Anggaran Dana. 9

4.2      Perhitungan Laba Rugi 10

4.3      Perhitungan kembali modal 11

4.4      Analisis / Prediksi Keuangan. 12

BAB V PENUTUP. 12

 

 

 

 

BAB 1

PENDAHULUAN

 

 

  1.   Latar Belakang

Sebagai negara yang berkembang dan semakin banyak penduduk yang menempati suatu wilayah maka diperlukannya sebuah rumah huni. Rumah huni memiliki keanekaragaman sesuai dengan selera masing-masing orang yang menempati. Kemudahan alat pun sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhahan masyarakat yang berkembang. Adanya masyarakat berkembang tersebut merupakan peluang bisnis untuk penciptaan alat-alat inovatif.

Dibidang rumah huni usaha ini sangat berperan penting dalam merenovasi rumah misalkan bisa disediakannya pagar, tangga, kanopi, tempat tampungan  air dan pengaman jendela. Disamping rumah huni ada sebagian alat sederhana yang bisa dibuat dari bahan besi misalkkan pengilingan padi, penggilingan jagung, pelembut jagung dan pengaduk pakan ayam.

Harapan dari kami adalah mendapatkan kerja sama investasi terhadap SAUDARA TEKNIK dari bapak Hartono. Investasi akan dilaporkan sedemikian rinci sehingga pihak investor mengetahui uang yang mengalir pada perusahaan SAUDARA TEKNIK.

Selanjutnya adalah visi dan misi dari SAUDARA TEKNIK. Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang, sedangkan misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan visi. Visi dan misi yang terdapat pada SAUDARA TEKNIK adalah sebagai berikut:

 

 

  • Visi :
    – Menjadi bengkel las dan kontruksi yang mampu bersaing didalam pasar.

– Menjadi bengkel las yang inovatif dan mngetahui kebutuhan konsumen.

     Misi

– Membentuk usaha pengelasan dan kontruksi yang handal.
– Menciptakan lapangan pekerjaan dengan mencetak tenaga ahli.
– Mengikuti tren dan model yang sedang laris dipasar.

 

BAB II

PROFIL PERUSAHAAN

 

 

2.1     Profil Badan Usaha

Profil badan usaha meliputi diskripsi umum usaha, nama usaha dan tempat usaha. Diskripsi, nama usaha dan tempat dapat dilihat pada penjelasan dibawah ini.

Usaha dibidang kontruksi dan pengelasan merupakan salah satu peluang berbisnis yang sangat berpotensi menghasilkan pendapatan. Perubahan yang dilakukan adalah besi yang semula berbentuk batangan dan berbentuk plat dibentuk sehingga membentuk serangkaian kebutuhan yang diminati oleh konsumen. Usaha besi yang diolah memiliki potensi keuntungan yang lebih besar karena dari sifat pengolahan besi yang tahan lama tidak seperti usaha di bidang kuliner.

Pemilihan nama yang digunakan pada perusahaan ini adalah “Saudara Teknik” dan berbadan hukum perseroan terbatas atau PT. Nama tesebut bermakasud agar pembeli maupun pasar terhadap usaha ini memiliki hubungan seperti saudara sehingga memiliki tempat dihati pasar atau pelanggan.

Tempat usaha bertempat di jalan Raya Setu No 63 Cikarang Jawa Barat. Tempat yang tersedia merupakan tempat yang strategis dikarenakan berada pada jalur utama antara bekasi dengan bogor dismping itu banyak perumahan siap huni yang didirikan. Ditunjang lagi dengan banyaknya lahan kosong didaerah jalan Raya Setu sehingga kemungkinan adanya dibukanya perumahan baru ada dan itu merupakan peluang bisnis untuk SAUDARA TEKNIK.

 

2.2       Stuktur Organisasi

Struktur organisasi pada SAUDARA TEKNIK terdiri dari direktur, manajer, dan staf-staf yang bekerja di dalamnya. Berikut struktur organisasi dari SAUDARA TEKNIK.

Struktur organisai pada PT. SAUDARA TEKNIK adalah struktur organisasi fungsional. Direktur bertanggung jawab secara menyeluruh terhadap kegiatan yang ada dalam perusahaan. Manager HRD bertugas langsung terhadap perekrutan serta hal-hal yang berhubungan dengan karyawan perusahaan. Manager engineering bertugas untuk mengontrol dan mengawasi masalah yang berhubungan dengan alat-alat maupun mesin pada perusahaan. Manager produksi bertugas mengawasi proses produksi dari mulai bahan baku masuk ke departemen produksi hingga produk jadi keluar dari departemen produksi. Manager pemasaran bertugas untuk mengawasi administrasi serta hal-hal yang berkaitan dengan pembelian atau penjualan barang. Staf PPIC bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah  perencanaan, pengendalian serta persediaan bahan baku dan barang jadi.  Staf kualitas bertugas menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kualitas dari produk yang dihasilkan sebelum produk didistribusikan. Staf purchasing bertugas untuk mengurus masalah jual beli barang yang diperlukan dalam perusahaan. Staf finansial bertugas untuk menangani masalah administrasi serta keuangan dalam perusahaan.

 

2.3       Produk

          Jenis produk yang dihasilkan adalah pagar rumah, tangga, kanopi, tempat tampungan air dan pengaman jendela. Proses pengerjaan dilakukan sesuai dengan aliran proses kerja, dimulai dari memotong besi sesuai ukuran yang dibutuhkan. Menekuk atau memberi model pada besi kemudian disambung menggunakan las dan tahap terakhir adalah pengecatan. Keunggulan produk dari perusahaan ini adalah dapat disesuaikannya kebutuhan konsumen dengan spesifikasi material yang mendukung.

 

2.4       Target Pasar

          Tatget pasar yang ingin dicapai oleh perusahaan adalah pembangunan perumahan yang berada di daerah kota bekasi, setu dan cikarang. Pembangunan rumah yang dimaksud dengan semua golongan bawah, menengah, dan keatas. Berbeda produk, untuk alat-alat yang dibuat dan siap di konsumsi ditujukan untuk semua konsumen yang berminat disemua wilayah.

 

2.5       Promosi Pemasaran

          Promosi pemasaran dilakukan dengan membagikan brosur untuk diwilayah perumahan dan usaha peternakan ayam maupun persawahan. Membuat papan iklan didepan perusahaan sehingga orang yang melewati perusahaan akan tau mengenai perusahaan. Membuat blok di websheet mengenai produk-produk yang dibuat untuk di iklankan.

 

 

 

 

BAB III

RANCANGAN KERJASAMA

 

 

  • Bentuk Kerjasama

Mengingat potensial market yang ditawarkan pada proposal ini cukup menarik, kami ingin menawarkan beberapa tawaran kerjasama bagi investor. Adapun bentuk kerjasama-nya antaralain:

Investor Tunggal I ingin meng-investasikan sejumlah dana sesuai dengan seluruh kebutuhan dari usaha ini. Pembagi hasil sejumlah 100% dari omzet per bulan setelah dikurangi biaya operasional termasuk pelaksana usaha ini. Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu dan dibicarakan dengan jalan kekeluargaan.
Investor Berbagi atau investor II ingin meng-investasikan sejumlah dana yang merupakan sebagian dari seluruh dana yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini. Bagi hasil yang diterima akan dipersentase-kan dengan investor lain setelah dikurangi biaya operasional termasuk pelaksana usaha ini. Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu dan dibicarkan dengan jalan kekeluargaan.Donatur à investasi sosial tanpa mengharapkan bagi hasil Prinsip yang digunakan dalam usaha ini adalah persentase proporsional terhadap dana yang ditanamkan demi keberlangsungan usaha ini. Pelaksana operasional memiliki persentase sejumlah xx % dari omzet bulanan (akan dibahas secara kekeluargaan). Dan akan berubah seiring perkembangan waktu dan kondisi, seperti; terjadi loss/rugi di bulan-bulan awal, terjadi BEP, penambahan biaya operasional,dan lain sebagainya.Perjanjian kerjasama ini bersifat mengikat dan dapat berubah setelah melalui pembicaraan secara kekeluargaan

 

 

 

BAB IV

ANALISA KEUANGAN

 

 

  • Anggaran Dana

Rencana anggaran dana yang akan digunakan lebih kurang sejumlah Rp 286.350.000,- dengan perincian sebagaimana terlampir pada lampiran 1.

RENCANA ANGGARAN BIAYA ( PENGELUARAN)

PEMASUKAN

Pemasukan utama adalah dari investor-investor yang bersedia menanamkan modalnya demi keberlangsungan usaha ini dan menjadikan usaha ini sebagai usaha bersama.
Kebutuhan Perijinan usaha

No Jenis Surat Ijin
1. Ijin Prinsip dan Ijin Tempat Usaha –
2. Surat Ijin Usaha Perdagangan –
3. Tanda Daftar Perusahaan –
4. Nomer Pokok dan Wajib Pajak 02.717.470.5.201.000 –
5. Akte Pendirian Akte Notaris : No 57 Tanggal 23 Agustus 1989 –

  1. Jumlah Biaya Perijinan –

 

 

 

  • Perhitungan Laba Rugi

Dalam menentukan keuntungan atau kerugian, maka dilakukan pencatatan perkiraan laba-rugi dalam 1 Tahun :

  1. Proyeksi Laba-Rugi sebagai usaha utama :

Penjualan                                                                Rp. 1.000.000.000

Biaya Pokok Produksi :

Bahan baku                                         Rp. .200.000.000

Bahan tambah                         Rp.   50.000.000

Peralatan                                  Rp. 286.350.000

Upah tenaga Kerja                  Rp.  200.000.000

Total Biaya Pokok Produksi                              (Rp.  736.350.000)

Laba Kotor                                                               Rp. .263.650.000

Biaya Umum :

Biaya tak terduga                     Rp.    2.000.000

Biaya Sewa Gedung                            Rp.  18.000.000

Biaya listrik                              Rp. 100.000.000

Biaya air                                   Rp.    2.400.000

Biaya Telepon                         Rp     2.400.000

Biaya iklan                              Rp.      700.000

Total Biaya Umum                                             (Rp.  125.500.000)

Laba Sebelum Pajak                                                  Rp. 138.150.000

Pajak ( Laba sebelum pajak – 15%)                            (Rp.  20.722.500)

Laba Bersih                                                                 Rp.             117.427.500

 

  • Perhitungan kembali modal

Investasi                                                                        Rp. 286.350.000

  • Penjualan per bulan (2 per hari)

= 2 x 1.500.000 x 30

Total pemasukan                                                                           Rp. 90.000.000

Pengeluaran 30 hari :

  • Bahan baku 16.600.000
  • Listrik,air dan telepon Rp  666.666
  • Gaji karyawan    6.670.000
  • Sewa Tempat 1.500.000
  • Iklan / spanduk     700.000

Total Pengeluaran                                                              Rp.   42.136.666

Laba bersih per bulan :

  • Pemasukan – Biaya

Rp. 90.000.000 – Rp. 42.136.666

= Rp. 47.863.334

  • Analisis / Prediksi Keuangan

Prediksi keuangan 3 tahun kedepan setelah bekerjasama adalah Rp. 143.590.002 per bulan

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

 

 

Dari penjelasan jenis usaha yang telah kami kembangkan dalam proposal kerjasama ini, kami berharap akan terwujudnya suatu kerjasama yang baik sehingga dapat membuat usaha ini semakin berkembang dan maju serta dapat memberikan kemakmuran untuk karayawan maupun pemilik atau penanam modal itu sendiri.

 

CP

Dadang Pujo Prastyawan

0826 – 76589

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s