makalah MK pengetahuan lingkungan

MAKALAH
PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Disusun Oleh :
Nama : Dadang Pujo Prastyawan
NPM : 38412352
Kelas : 3ID08
MK : Pengetahuan Lingkungan

JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2015
KATA PENGANTAR

Alhamdulillah segala puji hanyalah milik Allah SWT. Tuhan semesta alam atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik. Salawat serta salam kita panjatkan pada junjungan kita nabi Muhammad SWT.

Makalah ini membahas tentang “PERTUMBUHAN, PERTAMBAHAN, DAN PERKEMBANGAN PENDUDUK” yang berkaitan dengan mata kuliah PENGETAHUAN LINGKUNGAN. Makalah ini dapat sebagai rujukan untuk menambah pengetahuan mengenai cara interaksi individu dengan lingkungan sehingga memperkokoh pemeliharaan lingkungan. Sebagai mahasiswa kita sebaiknya banyak mengetahui segala aspek bagaimana berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Tentunya untuk memotivasi kita agar terus menjaga lingkungan, dan mempertahankan untuk masa yang akan datang. Sebagai mahasiswa, belajar dan menggali pengetahuan lingkungan yang dimana banyak manfaat yang kita dapat.
Dalam pembuatan makalah ini selaku saya masih dalam pembelajaran maka hasilnya jauh dari sempurna,karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Untuk peningkatan dan kreatifitas dalam pembuatan makalah saya menerima saran dan kritik yang bersifat membangun ilmu baru.

Bekasi, 29 Mey 2015

Penyusun

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Lingkungan merupakan tempat untuk melakukan aktifitas-aktifitas semua makhluk hidup. Makhluk hidup tidak memungkinkan hidup sendiri tanpa interaksi dengan lingkungan. Interaksi yang dilakukan terus menerus mengakibatkan banyak perubahan-perubahan yang mempunyai efek negatif dan positif pada lingkungan. Permasahan perubahan akan teratasi ketika makaluk hidup sadar akan pembelajaran mengenai pengetahuan lingkungan. Pengetahuan lingkungan memiliki banyak pokok pembahasan. Banyaknya pokok pembahasan dirangkum dalam mata perkuliahan yaitu pengetahuan lingkungan. Didalam mata perkulliahan untuk pemahaman lebih lanjut maka perlu pembahasan mengenai pertumbuhan, pertambahan,dan perkembangan penduduk.
Pertumbuhan, pertambahan, dan perkembangan penduduk merupakan salah satu penyebab kerusakan lingkungan. Kerusakan akan lebih sedikit apabila pengetahuan lingkungan dimiliki oleh penduduk yang meningkat.

2.1 Tujuan penulisan
Tujuan penulisan dibuat agar pembahasn dapat terfokus dalam apa yang akan dibahas. Tujuan penulisan untuk makalah ini adalah.
a. Mengetahui pengertian dari pertumbuhan, pertambahan, dan perkembangan penduduk.
b. Akibat dari pertumbuhan, pertambahan, dan perkembangan penduduk pada lingkungan.
c. Tindakan penanggulangan pertumbuhan, pertambahan, dan perkembangan penduduk terhadap lingkungan.

2.2 Sasaran
Sasaran dilakukan agar target yang diharapkan tercapai. Sasarang dari makalah ini adalah sebagai berikut:
a. Pemahaman mengenai pertumbuhan, pertambahan, dan perkembangan penduduk.
b. Media informasi bagi pembaca agar dapat membuka cakrawala mengenai pentingnya pertumbuhan, pertambahan, dan perkembangan penduduk terhadap lingkungan.
c. Sarana pembelajaran mengenai hubungan peran penduduk dengan pelestarian lingkungan.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian
Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan “per waktu unit” untuk pengukuran. Sebutan pertumbuhan penduduk merujuk pada semua spesies, tapi selalu mengarah pada manusia, dan sering digunakan secara informal untuk sebutan demografi nilai pertumbuhan penduduk, dan digunakan untuk merujuk pada pertumbuhan penduduk dunia. Sedangkan perkembangan penduduk memiliki makna yang sama yaitu Perkembangan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu dibandingkan waktu sebelumnya Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk adalah kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk.

2.2 Akibat
Semakin banyaknya penduduk akan menimbulkan beberapa masalah. Permasalahan yang timbul antara lain adalah.
1. Berkurangnya Ketersediaan Air Bersih
Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi manusia. Pada umumnya ketersediaan air bersih diperkotaan dipenuhi oleh Perusahaan Air Minum (PAM). Makin padatnya jumlah penduduk menyebabkan penipisan persediaan air dibawah tanah. Yang menyebabkan berkurangnya ketersediaan air untuk memenuhi kebutuhan hidup.
2. Berkurangnya Ketersediaan Bahan Pangan
Manusia memerlukan makanan untuk tetap hidup. Bertambahnya populasi memerlukan jumlah pangan yang cukup banyak. Ketidakseimbangan antara pangan dan manusia menimbulkan masalah kurang gizi atau kurangnya bahan pangan.
3. Berkurangnya Ketersediaan Lahan
Jumlah penduduk yang bertambah memerlukan lahan luas sebagai sarana tempat tinggal, melakukan kegiatan industri, pertanian, dan lain-lain. Semakin besar perbandingan populasi manusia dengan jumlah lahan menyebabkan lahan makin sulit untuk didapatkan.
4. Berkurangnya Ketersediaan Udara Bersih
Di daerah yang penduduknya padat tentu menyebabkan banyak pencemaran udara. Udara bersih adalah udara yang banyak mengandung oksigen. Udara bersih merupakan kebutuhan mutlak manusia. Semakin tinggi pertumbuhan penduduk, maka kebutuhan oksigen semakin banyak.
5. Pencemaran Lingkungan
Aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sering menimbulkan dampak buruk pada lingkungan. Kebutuhan yang terus menerus meningkat akan menganggu penggunaan sumber daya alam sulit dikontrol.
6. Pendidikan
Pendidikan merupakan usaha untuk mencerdaskan manusia sehingga mampu meningkatkan produktivitasnya. Rendahnya pendidikan penduduk pada suatu wilayah akan mendorong rusaknya lingkungan hidup.

2.3 Penanggulangan
Berbagai permasalahan yang timbul akibat pertumbuhan penduduk setiap tahunnya, tentu dapat ditangani dengan berbagai usaha seperti: pada bidang pertanian, mengubah sistem pertanian berladang, menemukan jenis-jenis tanaman yang tahan lama, dan mengurangi penggunaan pestisida. Pada bidang kehutanan, manusia dapat menebang pohon dan melakukan penanaman pohon kembali, melakukan reboisasi, dan memperluas kawasan hutan lindung. Pada bidang industri, menciptakan teknologi yang hemat bahan bakar, melakukan daur ulang, dan menyaring terlebih dahulu limbah pabrik yang akan dibuang.
Perubahan lingkungan yang terjadi karena adanya kepadatan penduduk yang tinggi menyebabkan banyak permasalahan timbul akibat tidak seimbangnya lingkungan dan kelestarian alam. Maka dari itu kita perlu memerhatikan cara mengelola lingkungan dan melestarikan alam dengan banyaknya populasi manusia, jika saling bekerja sama untuk tetap mengimbangi kebutuhan pokok manusia dengan lingkungan maupun alam, perlahan permasalahan yang timbul dapat diminimalisasi dan kepadatan penduduk tidak hanya memengaruhi lingkungan dalam sisi negatif namun dalam sisi positif juga.

Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Pertumbuhan_penduduk
http://hsugiyatna.blogspot.com/2012/04/v-behaviorurldefaultvmlo.html
https://qadriqaa.wordpress.com/2014/06/12/pengaruh-pertumbuhan-penduduk-terhadap-keseimbangan-lingkungan-dan-kelestarian-alam/

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s