danul Islam

Dinul Islam
Pendidikan Agama Islam
Nama : Dadang Pujo Prastyawan
NPM : 38412352
Kelas : 2id08

Pengertian Islam
Yang pertama secara bahasa, etimologi Islam berasal dari kata “istilam” atau menyerahkan (QS.3:83). Islam adalah sikap penyerahan diri kepada Allah.
Kata kedua “al-salam” keselamatan (QS.5;16) Islam memberikan petunjuk yang menghantarkan pada keselamatan abadi, dengan memberikan cahaya yang menerangi manusia selama masa hidupnya.
Kata ketiga “al-silm” damai (QS.2:28) Islam hadir di muka bumi tidak membawa untuk kerusakan.
Keempat “al-salim” bersih (QS.26:88-89) Islam senantiasa menyerukan kepada umatnya untuk menjaga kebersihan baik jasmani maupun rohani.
Kelima menurut istilah (terminilogi), Islam berarti tunduk dan berserah diri kepada Allah baik lahir maupun batin dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
Keenam menurut lafadz “al-Islam” digunakan sebagai “al-din” yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW.

Karakter Islam
Ada tujuh karakter Islam
1. Rabbaniyah.
2. Insaniyyah ‘alamiyyah.
3. Syamil dan Mutakammil.
4. Al-basathah.
5. Al-‘adalah.
6. Tawazun.
7. Tsabat wa al-murunah.
Pembahasan (khusus karakter untuk urutan ke Al-adalah)
Al-adalah keadailan yang mutlak (QS.5:8/6:152/4:135). Islam menunjuk keadilan yang mutlak untuk mewujudkan persaudaraan dan persamaan di tengah kehidupan manusia seta memelihara darah kehormatan, harta akal dan agama.
1. Memelihara agama
Nilai-nilai yangdibawaoleh islam, membuat manusia menjadi lebih tinggi derajatnya daripada hewan. Islam melindungi kebebasan beragama,sebagaimana dijelaskan dalam (QS.2:256).
Setiap manusia memiliki kebebasan untuk memilih agamanya. Demikian juga harus diingat ketika kita akan dimintai pertanggungjawaban atas segala sesuatu yang kita lakukan termasuk agama yang dianut.
Untuk memelihara agamanya, Allah mewajibkan manusia untuk shalat, zakat, puasa, haji. Apabila tidak melakukan peribadatan tersebut maka dimata Allah mendapat dosa karena tidak menjalankan apa yang diperintahkannya.
2. Memelihara jiwa.
Memelihara hak untuk hidup secara terhormat agar manusia terhindar dari pembunuhan, penganiayaan baik fisik maupun psikis, fitnah, caci maki, dan perbuata yang lain.
Banyak ayat yang menuntun kita untuk memelihara jiwa.seperti
1) QS 42:40 yang mempunyai penegasan bahwa”balasan perbuatan jahat adalah kejahatan yang seimbang dengannya. Barang siapa yang memanfaatkan dan berlaku damai, pahalanya ada di tangan Allah.
2) QS 2 191 yang mempunyai penegasan bahwa “Dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan.

3. Memelihara akal.
Menjaga akal bertujuan agar tidak terkena kerusakan yang dapat mengakibatkan seseorang menjadi tak berguna lagi bagi masyarakat sehingga dapat menjadi sumber keburukan.
Akal merupakan salah satu unsur yang membedakan manusia dengan binatang. Namun demikian, Al-quran juga mengingatkan bahwa manusia dapat menjadi lebih hina darpada hewan bila tidak memiliki moral.
Allah mengharamkan meminum khamar krena merusak akaldan membuat manusia tidak bisa berfikir.(QS 2:219). Semua makanan dan minuman yang memabukkan disebut khamar hukumnya haram.
4. Memelihara keturunan.
Memelihara kelestarian manusia dan membina sikap mental generasi penerus agar terjalin rasa persahabatan dan persatuan di antara sesama umut manusia.
Diperlukan pernikahan yang sah, sesuai dengan ketentuan syariah, sehingga dapat terbentuk keluarga yang tenteram dan saling menyayangi. Seorang anak yang dilahirkan diluar pernikahan, akan mengalami perkembangan mental yang kurang sehat sehingga dirinya tidak berkembang secara utuh.
5. Memelihara harta
Menjaga harta bertujuan agar harta yang dimiliki oleh manusia diperoleh dan digunakan sesusai dengan syariah. Aturan syariah mengatur proses perolehan dan pengeluaran harta. Dalam memperoleh harata harus bebas dari riba, judi, menipu, merampok, mencuri dan tindakan lainnya yang merugikan orang lain. Dan ditegaskan pada QS.4:29
Sedangkan penggunaan harta juga harus sesuai dengan tuntunan syariah, seperti ada kewajiban untuk membayar zakat sesuai ketentuan, tidak boleh boros dan tidak kikir.

http://books.google.co.id/books?id=S63Jb_g-Z0IC&pg=PA187&dq=tujuan+dinul+islam+adalah+memelihara&hl=en&sa=X&ei=nlF7Up6GIYyMrAf-n4DgDg&redir_esc=y#v=onepage&q=tujuan%20dinul%20islam%20adalah%20memelihara&f=false
http://books.google.co.id/books?id=IKD2K3GEkuUC&pg=PA23&dq=memelihara+agama+islam&hl=en&sa=X&ei=EF17Uo7XNs2Xrgfa24HAAg&redir_esc=y#v=onepage&q=memelihara%20agama%20islam&f=false

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s